Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Sangat Ampuh Mengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk Ini Sangat Ampuh Mengusir Nyamuk

Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman pengusir nyamuk – Nyamuk merupakan salah satu hewan berbahaya yang menghisap darah manusia. Alhasil kulit akan bentol-bentol serta gatal, atau lebih parahnya bisa mengakibatkan penyakit malaria serta penyakit demam berdarah, jenis nyamuk yang menyebabkan penyakit tersebut ialah Aedes Aegypty serta Anopheles.

Binatang ini sangatlah mengancam kesehatan, bahkan bisa mengancam jiwa, maka dari itu setiap orang mesti menjaga kebersihan serta kerapian rumahnya. Rumah yang tidak bersih atau kotor menjadi tempat yang digemari oleh nyamuk untuk berkembang biak.

Baca: Di Rumah Banyak Nyamuk ? Beginilah Cara Mengusirnya

Salah satu upaya praktis mengusir serta membasmi nyamuk ialah dengan memakai lotion anti nyamuk entah itu bakar, semprot, ataupun elektrik. Akan tetapi lotion tersebut tidaklah cukup sebab mengandung bahan kimia serta tak alami. Maka dari itu, Anda mesti mencari cara lain untuk membasmi nyamuk yang ada di rumah salah satunya ialah menanam tanaman pengusir nyamuk. Tanamlah tanaman anti nyamuk di teras rumah, pekarangan dekat jendela, ataupun dekat akses sirkulasi udara. Selain dijadikan sebagai pembasmi nyamuk, tanaman ini pun bisa dijadikan tanaman hias. Apa saja tanaman tersebut ? berikut ini adalah tanamannya

Tanaman pengusir nyamuk

Zodia.

Zodia merupakan tanaman asli Indonesia lebih tepatnya Papua, umumnya masyarakat Papua menggosokkan daun zodiak pada kulit sebelum mereka memasuki khitan supaya tak digigit nyamuk. Pada tanaman ini terkandung zat Evodiamine serta zat Rutaecarpine di mana kedua zat tersebut tak digemari nyamuk. Anda bisa menggosokkannya ke kulit ataupun menanamnya di ruangan yang mempunyai banyak angin supaya aroma dari zodiak tercium serta menyingkirkan nyamuk.

Lavender.

Lavender merupakan tanaman yang berasal dari negara Swiss, tanaman ini bisa di tanam di Indonesia. Tanaman lavender sudah banyak dikenal sebagai bahan untuk pembuatan lotion anti nyamuk sebab pada tanaman lavender ini terkandung zat linalool serta zat lynalyl acetate di mana kedua zat itu pun tidak disukai nyamuk.

Rosemary.

Aroma bunga rosemary sama seperti aroma dari minyak kayu putih, di mana aroma ini tak digemari nyamuk sebab mengacaukan penciumannya. Tanamlah Rosemary di pot ataupun di tanah, untuk menangkal nyamuk anda bisa menggosokkan daunnya kekulit.

Geranium.

Nama lain dari Geranium ialah tapak dara, pada tumbuhan ini terkandung zat geranion serta zat sitronelol yang bisa membasmi nyamuk. Tanamlah germanium di pot ataupun di tanah, letakkan di area yang mempunyai banyak angin, ketika daun dari tanam ini bergesekan karena hembusan angin, aroma zatnya akan tercium nyamuk sehingga nyamuk akan menjauhi ruangan.

Serai.

Serai lebih dikenal sebagai bumbu dapur, tahukah anda pada serai ini terkandung zat geraniol serta zat sitronelal yang tak digemari nyamuk. Untuk mengusir serta membasmi nyamuk, cukup menanam tanaman ini yang kemudian di tempatkan di ruangan rumah.

Akar Wangi.

Akar wangi bisa mengeluarkan aroma yang sangat menyengat yang tak di gemari nyamuk. Tanamlah tanaman ini di pekarangan rumah.

Citrosa Mosquito.

Tanaman ini berasal dari negara Belanda, Citrosa Mosquito adalah musuh bagi nyamuk serta serangga sebab tanaman ini mengeluarkan aroma lemon yang amat kuat, di mana nyamuk pun tak menyukai aroma lemon. Tanaman ini tak memerlukan perawatan khusus, Citrosa Mosquito sangat menggemari sinar matahari serta air yang cukup.

Marygold.

Aromanya tak enak bisa digunakan untuk membasmi nyamuk. Bunganya yang indah bisa dijadikan tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

Mintrosa of Lady Diana.

Aroma mint yang dihasilkan dari tanam ini sangat menyegarkan serta bisa menyingkirkan nyamuk. Mintrosa of Lady Diana berasal dari negara Belanda sama seperti tanaman citrosa.

Selasih.

Di dalam tanaman selasih terkandung zat linalool, geraniol serta zat eugenol, di mana zat-zat tersebut sudah terkenal sebagai zat penolak serangga. Zat tersebut pun bisa digunakan untuk menyingkirkan nyamuk. Aroma daun selasih tercium begitu tajam, apabila tercium dalam waktu yang cukup lama ataupun disimpan di dalam ruangan maka bisa menyebabkan rasa mual serta pening.

Suren.

Berdasarkan penelitian, tanaman suren terkandung bahan surenolakton, surenon serta surenin yang mempunyai peran sebagai penghambat pertumbuhan, antifeedant serta insektisida pada larva serangga. Semua bahan tersebut terbukti bisa mengusir serangga termasuk nyamuk.

Itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk paling ampuh dalam mengusir nyamuk.

One Response

  1. Ace Maxs 15 Juli 2015

Add Comment