Apa yang Harus Dilakukan Jika Terlambat Hadir Interview Kerja?

6 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Terlambat Menghadiri Interview Kerja

6 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Terlambat Menghadiri Interview Kerja – Image: id.jobsdb.com

Terlambat Hadir Interview Kerja? Ini Tipsnya – Ada istilah “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Apakah istilah tersebut berlaku pula untuk wawancara kerja? Kira-kira apa yang akan kamu lakukan apabila datang terlambat ketika wawancara kerja? Apakah pulang ke rumah atau menghadapinya?

Apabila kamu datang terlambat ketika interview kerja, bukan berarti kesempatan diterima akan hilang total. Sebaiknya siapkanlah dirimu serta hadapi situasi tersebut secara profesional.

Baca: Susah Dapat Kerja? Lakukan 4 Hal Ini

Lalu apa yang harus dilakukan? Berikut 6 hal yang harus dilakukan ketika terlambat menghadiri interview kerja seperti dilansir dari situs id.jobsdb.com yang merupakan salah satu situs pencari kerja terbaik.

6 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Terlambat Menghadiri Interview Kerja

Informasikan Keterlambatan

Apabila memungkinkan, segeralah beri tahu HRD atau pewawancara bahwa kita datang terlambat. Beri tahu melalui telepon serta beri tahu pula kapan kita bisa datang. Apabila HRD tidak bisa menunggu, tanyakan apakah jadwal interview bisa diatur ulang.

Siapkan Alasan yang Rasional

Apabila sudah menginformasikan bahwa kita akan datang terlambat, langkah selanjutnya ialah menjelaskan kenapa kita terlambat. Sampaikanlah alasan yang rasional. Misalnya ada anggota keluarga yang meninggal dunia, ada pohon tumbang di jalan menuju tempat interview kerja. Kendaraan mogok dan harus diperbaiki ke tepat Service dan lainnya.

Minta Maaf Namun Jangan Lebay

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan ketika datang terlambat ialah meminta maaf, namun jangan berlebihan. Sampaikanlah permintaan maaf secara profesional dan tulus, sehingga pihak pewawancara mengetahui bahwa kita sangat menyesal sekali datang terlambat. Ingat, jangan berlebihan.

Tenangkan Diri Terlebih Dulu

Apabila datang terlambat, ketika masuk ke ruang wawancara janganlah terburu-buru. Masuklah dengan tenang, masuk dengan kondisi terburu-buru akan memberi kesan yang tak baik.

Tetap Berpikir Positif

Datang terlambat merupakan awal yang salah, akan tetapi jangan sampai hal tersebut menjatuhkan semangat kita dalam mengikuti sesi wawancara kerja. Tetaplah berpikir positif. Jalani wawancara dengan profesional.

Buktikan Kamu Bisa Beradaptasi

Sesi interview merupakan proses perusahaan untuk bisa mengetahui diri calon pegawai lebih dalam serta mencari tahu apakah cocok dengan posisi yang dilamar ataukah tidak. Ketika datang terlambat biasanya diri kita dalam tertekan. Pihak pewawancara ingin mengetahui bagaimana kita menempatkan diri ketika di bawah tekanan serta bagaimana cara kita menangani kondisi tersebut.

Add Comment