Gaji 3 jt an Bisa Beli Mobil, Seperti Ini Caranya

Tips Membeli Mobil Walau Gaji Kecil

Tips Membeli Mobil Walau Gaji Kecil

Tips Membeli Mobil Walau Gaji Pas-pasan – Mempunyai kendaraan pribadi seperti mobil adalah dambaan semua orang, terlebih bagi masyarakat yang tinggal di kota besar.

Baca: 4 Tips Kredit Motor Agar Disetujui Meski Tinggal di Kontrakan atau Kos

Akan tetapi, harga mobil yang selangit membuat tak semua orang bisa memilikinya dengan mudah. Diperlukan usaha menabung hingga bertahun-tahun lamanya untuk membayar down payment (DP) serta cicilan setiap bulannya.

Akan tetapi jangan khawatir, bagi Anda yang ingin mempunyai mobil sendiri walaupun penghasilan pas-pasan terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Seperti kata pepatah, ‘jika ada niat pasti ada jalan’.

Nah, berikut ini tips membeli mobil walaupun pendapatan Rp 3 juta per bulan.

Tips Membeli Mobil Walau Gaji Pas-pasan

1.Tentukan Tipe Mobil.

Tips membeli mobil yang pertama yaitu buat target serealistis mungkin. Apabila penghasilan Anda pas-pasan, tentu tak realistis apabila ingin mempunyai mobil dengan harga mahal seperti BMW ataupun Mercedes.

Turunkanlah standar serealistis mungkin, Alternatifnya ialah dengan memilih mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC). Pada umumnya mobil di segmen ini dibanderol seharga Rp 80 juta-Rp 130 juta.

2. Kredit Jangka Panjang.

Tips Membeli Mobil kredit Mobil

Image: NY – http://nyphotographic.com/

Zaman sekarang tak mesti mempunya uang tunai untuk dapat membeli sesuatu. Bank ataupun lembaga pembiayaan lainnya menyediakan fasilitas kredit mobil.

Carilah fasilitas kredit mobil dengan tempo waktu cicilan yang panjang contohnya 7 sampai 8 tahun.

Pada umumnya, kredit jangka panjang banyak ditawarkan ketika pameran kendaraan berlangsung. Cicilan panjang akan sangat membantu, sebab menawarkan cicilan ringan serta uang muka yang cukup kecil.

3. Kebutuhan per bulan Rp 1,5 Juta.

Salah satu tips membeli mobil walaupun gaji pas-pasan yaitu dengan meminimalkan pengeluaran. Misalnya gaji Rp 3 juta, maka sisihkanlah separuhnya untuk kebutuhan per bulan serta separuhnya lagi untuk kebutuhan cicilan mobil.

Alokasikanlah anggaran kebutuhan misalnya makan sederhana yaitu Rp 800 ribu per bulan, uang transportasi pekerjaan Rp 300 ribu per bulan, uang kebutuhan pulsa Rp 50 ribu per bulan, dan untuk kebutuhan senang-senang Rp 250 ribu per bulan, kemudian sisanya Rp 100 ribu untuk di simpan sebagai uang darurat.

4.Manfaatkan Rumah Orang Tua.

Supaya tak mengeluarkan biaya besar, maka untuk sewa tempat tinggal tak ada salahnya memanfaatkan rumah orang tua. Beritahu Alasannya kepada orang tua jika biaya kontrak rumah maupun kos cukup besar.

Di pinggiran kota Jakarta, misalnya untuk menyewa sebuah rumah maka memerlukan minimal Rp 1 sampai Rp 2 juta per bulan. Sementara itu untuk sewa kos-kosan mencapai Rp 500 ribu per bulannya.

5.Cari Pekerjaan Tambahan.

Supaya keuangan lebih stabil, maka carilah pemasukan tambahan. Usahakanlah untuk bisa mendapatkan mendapatkan Rp 500 ribu per bulan. Pekerjaan yang dapat dilakukan seperti berjualan makanan ringan, menjadi driver ojek online apabila memiliki motor pribadi dan lainnya.

Itulah beberapa tips membeli mobil walau gaji pas-pasan, semoga bermanfaat.

Add Comment