3 Hal Penting Sebelum Memilih Cat Tembok Eksterior yang Wajib Diketahui

Tips Memilih Cat Tembok Eksterior

Tips Memilih Cat Tembok Eksterior – Image: www.photospeinture.com

Mengganti warna cat dinding merupakan cara paling praktis yang bisa dilakukan untuk menciptakan nuansa baru pada hunian kita. Tidak hanya pada bagian interior saja, namun mengganti cat eksterior pun tidak kalah pentingnya. Sebab bagaimanapun juga bagian eksterior adalah bagian rumah yang pertama kali dilihat sebelum kita memasukinya. Jika bagian eksterior rumah terlihat menarik, kita atau siapa pun itu yang datang akan memperoleh kesan pertama yang baik terhadap rumah tersebut.

Mengganti cat eksterior tidak cuma memberikan manfaat positif dalam segi estetika saja, namun juga akan memberikan ketahanan pada bagian luar rumah atau bangunan kita. Sebab cat eksterior pun berfungsi sebagai pelindung dinding bangunan dari sejumlah debu serta kotoran. Maka dari itu, mengganti cat eksterior adalah hal penting yang mesti dilakukan oleh setiap pemilik rumah.

Baca: 4 Cara Memperbaiki Dinding Rumah yang Bermasalah

Tidak sedikit orang yang menggunakan cat interior untuk digunakan sebagai cat eksterior. Padahal, bagian luar bangunan haruslah menggunakan cat eksterior yang memang dikhususkan untuk digunakan pada bagian luar bangunan. Sebab bagian luar bangun merupakan bagian yang kerap terkena sinar matahari, perubahan cuaca dan terkenan hujan, berbeda halnya dengan cat interior yang mana bagian dalam bangunan tidak akan menghadapi kendala tersebut secara langsung.

Di pasaran sendiri ada begitu banyak cat luar eksterior yang bisa dipilih. Sebagai orang awam tentunya kita bingung dalam memilih cat tembok eksterior mana yang terbaik. Pada artikel ini kami akan memberikan sejumlah tips memilih cat tembok eksterior apa yang harus dipilih, berikut ulasannya.

3 Tips Memilih Cat Tembok Eksterior

1. Tahan Cuaca

Ketika memilih cat tembok eksterior kita akan mudah menemukan cat berlabelkan “Tahan Cuaca”. Ya, cat tersebut memang dirancang untuk dinding yang kerap terkena paparan cuaca. Misalnya adalah dinding luar yang tidak terlindungi oleh kanopi atau atap. Cat berlabel “Tahan Cuaca” mempunyai formula tahan terhadap debu, air, serta jamur. Pastikan cat tembok eksterior yang dipilih terdapat label tersebut.

Baca: Hati-hati, Salah Memilih Cat Rumah Bisa Menyebabkan Kanker

2. Menangkal Panas

Jika rumah kita menghadap ke arah barat, tentunya ketika sore hari akan terkenan panas sinar matahari. Panas yang terpapar ke dinding luar bisa mempengaruhi suhu di dalam ruangan. Ketika memilih cat tembok eksterior, pilihlah cat eksterior dengan formula “Sunblock Technology”, formula tersebut mampu memantulkan sebagian cahaya matahari yang terpancar ke dinding rumah kita.

3. Mudah Dibersihkan

Besar kemungkinan dinding eksterior rumah kita akan terkena bermacam kotoran seperti lumpur atau tanah dari pekarangan. Jika sudah demikian kita harus membersihkannya, sebab jika tidak dibersihkan akan mengganggu penampilan. Untuk membersihkannya bisa dilakukan dengan cara menyiramnya. Namun terkadang menyiramnya saja tidaklah cukup, sehingga harus menyikatnya. Akan tetapi menyikat permukaan dinding bisa menyebabkan rusaknya lapisan cat. Maka dari itu ketika memilih cat tembok eksterior sebaiknya pilih jenis cat yang mempunyai daya tahan sangat baik walaupun kerap dibersihkan dengan cara disikat..

Add Comment