Apa Saja sih Tips memilih Mesin Cuci yang Bagus dan Awet ?

Tips memilih Mesin Cuci yang Bagus dan Awet

Apa Saja sih Tips memilih Mesin Cuci yang Bagus dan Awet ?

Tips memilih mesin cuci – Ketika pertama kali mesin cuci diperkenalkan, dan ketika hendak membeli mesin cuci sangatlah mudah sebab jenisnya masih sangat terbatas. Semakin berkembangnya jaman, kini jenis mesin cuci sudah banyak tersedia karena hal itulah membuat sebagian orang bingung dan bertanya-tanya, mesin cuci mana yang terbaik dan yang paling sesuai ?

Banyak sekali faktor yang mesti dipertimbangkan ketika hendak memilih mesin cuci. Tentunya kita mesti benar-benar jeli memperhatikan setiap fitur dan karakteristik si mesin cuci tersebut supaya tak salah pilih dan tak menyesal di kemudian hari.

Berikut ini sejumlah tips memilih mesin cuci , tetapi tips ini pun mesti disesuaikan dengan kondisi Anda. Berikut ulasannya.

Tips Memilih Mesin Cuci

Dana yang di Sediakan.

Tentunya para ibu semua menginginkan mesin cuci yang berkualitas dan harga belinya pun semurah mungkin bukan ? Mesin cuci merupakan investasi jangka panjang, maka dari itu sebaiknya pilihlah mesin cuci dengan kualitas yang baik, meskipun harganya sedikit mahal.

Ruang Tempat Untuk Mencuci.

Pastikanlah ukuran mesin cuci yang dibeli bisa masuk ke tempat di mana mesin cuci tersebut di tempatkan. Janganlah membeli mesin cuci berukuran terlalu besar, di mana mesin tersebut tak bisa masuk ke tempat di mana mesin tersebut hendak di tempatkan dan pada akhirnya mesin mesti di tempatkan di tempat lain. Tentunya hal tersebut akan mengganggu kegiatan mencuci.

Bahan Tabung Mesin Cuci.

Bahan tabung dari mesin cuci sangatlah penting, sebab perangkat ini akan dipergunakan dalam jangka waktu yang lama sekitar 3 tahun. Di Indonesia sendiri umumnya terdapat dua jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan tabung mesin cuci yaitu plastik serta stainless Steel. Antara bahan plastik serta stainless Steel tentunya yang lebih awet ialah bahan stainless Steel. Bahan tersebut anti karat serta akan lebih tahan rusak terlebih ketika menghadapi putaran dari mesin pengering yang sangat cepat.

Baca: Yuk, Menghilangkan Karat Pada Mesin Cuci Dengan 3 Cara Jitu

Listrik Yang Digunakan Mesin Cuci.

Sebelum membeli mesin cuci, jangan lupa juga untuk memperhatikan daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci tersebut supaya dapat beroperasi maksimal. Jangan sampai ketika membeli mesin cuci canggih, akan tetapi sewaktu dioperasikan malah mengganggu kegiatan rumah lainnya yang dikarenakan daya listriknya tak mencukupi. Jika daya listrik rumah Anda sekitar 1000 watt, maka sangat disarankan untuk memilih mesin cuci semi otomatis 2 (dua) tabung. Tetapi apabila daya listriknya besar sekitar 2000 watt, maka sangat tidak masalah apabila memilih mesin cuci otomatis 1 (satu) tabung sebab mesin cuci jenis tersebut dapat meringankan tugas Anda.

Dengan atau Tanpa Pengering ?.

Sekarang ini hampir seluruh mesin cuci dilengkapi fitur mesin pengering, atau mesin pemeras. Pada mesin cuci dengan harga normal umumnya mesin tersebut hanya memeras air yang berasal dari pakaian. Pakaian tersebut masih memerlukan pengeringan yaitu dijemur sekitar 2 jam di bawah panas terik matahari. Mesin pengering ini sangat simpel, namun sangat membantu sekali. Apabila Anda lebih memilih untuk mengeringkan cucian secara manual, maka pilihlah mesin cuci yang tak terdapat fitur pengering, dan tentunya harganya pun lebih murah.

Kapasitas Mesin Cuci.

Kapasitas mesin cuci pun menjadi bahan pertimbangan yang tak kalah penting jika ingin memakai mesin cuci dengan seefektif mungkin. Hitunglah berapa banyak orang yang ada di rumah Anda, serta berapa banyak jumlah pakaian kotor pada periode 1 kali mencuci. Apabila Anda hanya seorang diri saja, mesin cuci berkapasitas minimal atau 6 kilogram cukup dalam memenuhi kebutuhan mencuci Anda. Berbeda halnya apabila hidup dengan keluarga, dan pada 1 kali mencuci terdapat banyak sekali pakaian kotor, maka pilihlah mesin cuci berkapasitas 7 hingga 8 kilogram atau lebih.

Top Loading atau Front Loading ?.

Fitur ini terkesan sepele, namun fitur pemilihan top loading atau front loading pun menjadi bahan pertimbangan yang penting. Mesin cuci bukaan atas (Top Loading) jauh lebih bersih serta lebih efisien dalam mencuci. Anda tak bisa menaruh benda apapun pada mesin cuci pintu atas, berbeda halnya dengan mesin cuci pintu depan (Front Loading), pada bagi atasnya bisa ditaruh benda apapun, sehingga bisa menghemat pemakaian tempat.

Baca: Lebih Bagus Mana, Mesin Cuci Top Loading atau Front Loading ?

Jenis serta Merek Mesin Cuci.

Pertimbangkanlah pula untuk keperluan apa membeli mesin cuci, apakah untuk perseorangan, keluarga, atau untuk bisnis laundry ? Pilihlah mesin cuci dengan merek tepercaya, sebab daya tahannya lebih bagus. Meskipun mesin cuci merk tepercaya harganya lebih mahal, akan tetapi kualitasnya terjamin. Pilihlah mesin cuci bermerek LG atau Samsung, tak hanya berkualitas baik, namun Service Centernya pun sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Mesin Cuci Otomatis atau Mesin Cuci Semi-Otomatis ?.

Mesin cuci dapat dibedakan menjadi dua bagian, otomatis serta semi otomatis. Untuk mesin cuci otomatis ialah mesin yang tak memerlukan banyak campur tangan manusia. Pada mesin cuci otomatis Anda hanya memasukkan cucian, memutar air kemudian menekan tombol dan seluruh cucian akan selesai dicuci, Anda hanya duduk manis saja. Sedangkan untuk mesin cuci semi otomatis, maka Anda mesti membuang serta mengisi air, kemudian memindahkan cucian dari tabung satu menuju tabung lain, dan melakukan hal kecil lainnya.

Kesimpulannya, min cuci jenis otomatis lebih hemat waktu serta lebih efisien. Akan tetapi, harganya lebih mahal daripada mesin cuci jenis semi otomatis dan kekurangan mesin cuci otomatis lebih cepat rusak.

Service Center serta Masa Garansi.

Perhatikanlah masa garansi mesin cuci sebelum membelinya. Dikarenakan mesin cuci ini termasuk ke dalam peralatan rumah tangga yang apabila mengalami kerusakan akan sulit diperbaiki oleh diri sendiri, maka dari itu sangat disarankan untuk memilih yang masa garansinya minimal satu tahun, serta tak mengeluarkan uang sepeser pun ketika perbaikan dalam masa garansi tersebut. Pastikan pula lokasi Service Center mesin cuci yang Anda beli mudah di jangkau dari tempat Anda, sebab sebagian besar klaim garansi hanya dapat di lakukan di Service Center.

Itulah sejumlah tips memilih mesin cuci yang bagus dan awet, semoga tips tersebut bisa membantu Anda dalam membeli mesin cuci.

One Response

  1. Hosting 13 November 2016

Add Comment