Tips Memilih Mesin Cuci, Top Loading atau Front Loading ?

Tips memilih mesin cuci yang bagus dan awet

Tips Memilih Mesin Cuci, Top Loading atau Front Loading ?

Tips Memilih Mesin Cuci – Mesin cuci adalah peralatan rumah tangga yang sudah menjadi sesuatu hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap ibu-ibu rumah tangga ataupun individu yang lainnya. Dengan adanya mesin cuci ini, maka pekerjaan mencuci pakaian sampai mengeringkan pakaian pun bisa dikerjakan dengan cara otomatis tanpa harus menghabiskan banyak tenaga dan banyak waktu.

Terdapat dua jenis mesin cuci, mesin cuci jenis bukaan atas atau top loading serta yang satunya ialah mesin cuci bukaan depan atau front loading. Dalam sekilas bentuk keduanya hampir sama, perbedaannya hanyalah pada bukaannya saja. Mesin cuci top loading bukaannya berada di atas sedangkan untuk mesin cuci front loading bukaannya berada di bagian depan. Pembeda dari kedua mesin cuci tersebut bukan semata karena desain saja, namun perbedaan tersebut terdapat fungsinya masing-masing.

Baca: Cara Menggunakan Mesin Cuci Front Loading yang Benar Dengan Hasil Sempurna

Tentunya kita semua ingin memiliki mesin cuci yang bagus dan awet dan tak lupa pula hemat listrik, banyaknya jenis dan model yang tersedia membuat kita bingung terhadap mesin cuci mana yang terbaik. Sebelum membeli mesin cuci, alangkah baiknya baca terlebih dahulu artikel ini yang akan membahas mengenai perbedaan mesin cuci top loading (bukaan atas) dengan mesin cuci front loading (bukaan depan) serta tips memilih mesin cuci berikut ini:

Tips Memilih Mesin Cuci, Top Loading atau Front Loading ?

Cara Kerja Mesin Cuci.

Mesin Cuci Top Loading.

Mesin cuci jenis top loading memakai agitator yang merupakan bahan plastik yang terletak di tengah bawah tabung, agitator ini berguna untuk mengolah pakaian serta memutarnya sampai bercampur air dan sabun. Sesudah pakaian bercampur air dan sabun, maka selanjutnya pakaian dibilas kembali dengan air bersih yang berguna untuk menghilangkan sabun yang ada pada pakaian. Pada tipe ini tabung cuci bergerak vertikal.

Dengan mesin cuci top loading, kita bisa memasukkan lagi pakaian yang seandainya ada pakaian yang tertinggal atau lupa dimasukkan walaupun proses pencucian sedang dilakukan atau sudah dimulai. Sehingga jika terdapat satu saja pakaian yang lupa kita masukan, maka kita tak harus menunggu sampai proses pencucian berikutnya berbeda dengan mesin cuci front loading yang harus menunggu proses berikutnya.

Mesin Cuci Front Loading.

Sementara itu untuk mesin cuci jenis front loading tak memakai agitator untuk mengolah pakaian. Tabung cuci mesin jenis ini bergerak horizontal, di mana tabung pada mesin cuci front loading akan mengangkat serta menurunkan kembali semua pakaian dengan cepat ke dalam air.

Berbeda dari mesin cuci bukaan atas atau top loading, pada mesin cuci front loading ini Anda tak dapat membuka kembali bukaannya sewaktu proses pencucian sedang dilakukan. Dikarenakan ketika tombol mencuci sudah ditekan, maka pintu pada mesin cuci akan terkunci sampai akhir proses pencucian.

Pemakaian Air.

Mesin Cuci Top Loading.

Mesin cuci jenis ini memerlukan cukup banyak air, sebab pakaian mesti benar-benar terendam di dalam tong atau tabung pencucian. Selain itu, jika dilihat dari pengoperasiannya, proses mesin cuci ini dimulai dari tahap mengisi air, kemudian mencampurnya dengan sabun, setelah itu membuang air yang sudah dicampur sabun serta mengisinya lagi dengan air bersih yang bertujuan untuk membilas. Dengan demikian air yang di perlukan dalam proses pencucian pada mesin cuci jenis ini lebih banyak.

Mesin Cuci Front Loading.

Sementara untuk mesin cuci bukaan depan, karena tong atau tabung untuk menempatkan pakaian yang hendak dicuci bentuknya horizontal, maka mesin cuci jenis ini hanya memerlukan sepertiga saja dari jumlah air yang dipakai mesin cuci jenis front loading.

Proses pencucian sampai pembilasan tak sama seperti mesin cuci top loading yang sampai berapa kali mengganti air. Mesin cuci front loading hanya menyemprotkan air bersih ke arah semua pakaian bersama dengan berputarnya tabung cucian. Dengan arti lain, mesin cuci front loading lebih hemat air.

Sisi Ekonomis.

Mesin Cuci Top Loading.

Pada pembelian yang pertama, mesin cuci bukaan atas dijual dengan beragam jenis yang lebih variatif serta harganya pun lebih murah jika dibandingkan dengan mesin cuci bukaan depan. Hal tersebutlah yang sampai sekarang mesin cuci ini masih menjadi pilihan.

Akan tetapi, mengingat penggunaan air mesin cuci jenis ini lebih bayak, maka secara otomatis pemakaian sabun cuci, lama waktu pengeringan serta energi yang terpakai tentunya lebih tinggi. Putaran mesin cuci top loading sekitar 650 rpm sehingga waktu pencucian pun lebih lama. Tidak hanya itu saja, proses pengeringan pakaian pun kurang begitu sempurna sehingga Anda mesti menjemur ulang guna memperoleh hasil maksimal.

Mesin Cuci Front Loading.

Mesin cuci bukaan depan masih tergolong baru, variasi model serta bentuknya juga belum begitu variatif sehingga konsumen mempunyai pilihan yang tak terlalu banyak ditambah harganya pun masih begitu tinggi.

Tetapi kelebihan mesin cuci ini ialah putarannya lebih cepat jika dibandingkan mesin cuci top loading, putaran pada mesin cuci front loading hampir menjangkau 1000 rpm serta penggunaan airnya pun lebih sedikit sehingga hasil pencucian akan lebih kering tanpa harus meningkatkan penggunaan energi. Selain itu pakaian yang sudah dicuci pun tidak harus dijemur kembali sebab hasilnya memang sudah benar-benar kering. Pemakaian sabun serta energi listrik tak memakan jumlah banyak, sehingga dalam jangka waktu yang panjang pengeluaran rumah tangga semisal tagihan listrik, air serta pembelian sabun cuci juga bisa berkurang.

Ergonomis.

Mesin Cuci Top Loading.

Karena mesin cuci top loading mempunyai bukaan di bagian atas, maka Anda tidak bisa menaruh barang di atasnya. Akan tetapi di sisi lain, mesin cuci dengan bukaan atas akan membuat “si kecil” aman apabila ia bermain atau berada dekat mesin cuci. Si kecil tentunya tak bisa membuka bukaan ataupun menekan tombol mesin cuci karena letaknya belum terjangkau olehnya. Kelebihan lain mesin cuci bukaan atas ialah tidak akan membuat Anda pegal, Anda tidak harus berlutut atau berjongkok untuk membuka bukaan tersebut. Mesin cuci bukaan atas sangat cocok untuk Anda yang sering merasa pegal.

Mesin Cuci Front Loading.

Letak bukaan mesin cuci ini berada di bagian depan, sehingga bagian atasnya bisa ditaruh benda benda apapun sehingga bisa menghemat lahan. Namun di sisi lain, kita harus berjongkok atau membungkuk sewaktu memasukan serta mengeluarkan pakaian.

Itulah sejumlah tips memilih mesin cuci , semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih mesin cuci mana yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Setelah menentukan pilihan mana yang tepat, jangan lupa pula untuk merawat mesin cuci agar awet dan tidak kena karat. Dimana karat sendiri merupakan salah satu penyebab mesin cuci cepat rusak. Menghilangkan karat sangat mudah, bisa menggunakan cairan anti karat atau dengan 3 cara jitu berikut.

Baca: Menghilangkan Karat Pada Mesin Cuci Dengan 3 Cara Jitu

One Response

  1. Lihat Uang 31 Juli 2015

Add Comment