Terlihat Sepele, Namun 4 Tips Ini Mencegah Mobil Dicuri

Tips Mencegah Mobil Dicuri

Tips Mencegah Mobil Dicuri

Tips Mencegah Mobil Dicuri – Di zaman sekarang ini, semuanya serba canggih, termasuk teknologi yang terdapat pada mobil. Akan tetapi, secanggih apapun teknologi pada mobil tersebut belum tentu lepas dari tindak pencurian. Para pencuri pun kini semakin pintar dalam melakukan aksi pencuriannya.

Baca: Motor Kredit Hilang? Lapor Ke Polisi atau Ke Leasing Dulu?

Secanggih apapun teknologi pada mobil yang Anda miliki, apabila Anda ceroboh tentu mobil tersebut akan mudah dicuri. Untuk menghindari aksi pencurian, perhatikanlah beberapa tips mencegah mobil dicuri seperti berikut ini.

Tips Mencegah Mobil Dicuri

Periksa Mobil Sampai Benar-benar Terkunci.

Pada mobil modern, sebagian besar terdapat fitur canggih yang bisa menginformasikan kepada pemiliknya apakah sudah terkunci dengan baik ataukah belum. Informasi yang diberikan tersebut pada umumnya berbentuk visual.

Namun terkadang ada saja masalah berupa kerusakan yang tidak diketahui pemilik. Sewaktu menekan tombol “Lock” yang ada pada kunci mobil, maka perhatikanlah lampu indikatornya, apakah lampu tersebut menyala atau tidak. Apabila lampu indikator kunci mobil tidak menyala, menandakan mobil Anda belum terkunci.

Memastikan mobil sudah terkunci jangan hanya terpaku pada lampu indikatornya saja. Namun juga pastikan dengan menarik tuas pada pintu mobil guna lebih memastikan bahwa mobil tersebut benar-benar terkunci dengan baik.

Parkir di Tempat yang Benar.

Mencegah mobil dicuri di tempat parkir

Mencegah mobil dicuri di tempat parkir – Image: en.wikipedia.org / Rachmaninoff

Sewaktu Anda mengunjungi ke suatu tempat, maka mesti tahu apakah lokasi tersebut benar-benar aman untuk memarkirkan mobil. Pilih tepat parkir yang bisa terpantau oleh Anda. Selain itu apabila mengunjungi pusat perbelanjaan atau mall, maka parkirkan mobil Anda di antara mobil pengunjung lainnya. Jangan memarkirkan mobil di bagian ujung, sebab biasanya para pencuri kendaraan lebih senang melakukan aksinya pada mobil bagian ujung, alasannya mungkin tidak terpantau.

Pasang Alat Keamanan Tambahan

Pada mobil modern, bisanya terdapat teknologi pengaman yaitu alarm atau immobilizer. Kedua alat tersebut membantu sekali untuk mengamankan mobil. Namun, agar keamanan mobil lebih maksimal, tidak ada salahnya memasang alat keamanan tambahan untuk mecegah mobil dicuri misalnya memasang kunci stir, alat pelacak atau GPS Tracking dan CCTV untuk memudahkan pencarian pelaku. Tentu saja memasang alat pengaman tambahan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun jika dibandingkan dengan kehilangan mobil, tentu biaya pemasangan alat keamanan tambahan tersebut tidak begitu besar.

Baca: Apa saja Manfaat dan Fungsi GPS Tracker ?

Jangan Biarkan Mobil Tetap Menyala

Tips mencegah mobil dicuri selanjutnya jangan biarkan mobil Anda tetap menyala. Sebagian orang sering melakukan hal ini. Misalnya ketika sedang terburu-buru pergi ke toilet yang ada di SPBU. Hilangkanlah istilah “Hanya Sebentar”. Walaupun hanya sebentar meninggalkan mobil, jangan sampai mobil tetap menyala. Kuncilah mobil Anda dengan baik. Walaupun hanya satu detik saja, tapi para pencuri bisa membawa kabur mobil Anda.

Selain itu, sewaktu memanaskan mobil jangan sampai meninggalkannya. Matikan mesin mobil, kemudian kunci dengan baik jika ingin meninggalkannya. Bisa jadi para pencuri sedang mengawasi Anda, dan ketika Anda lengah mobil langsung dibawa lari.

Add Comment