Analisa Sistem Berbisnis Peluang Usaha Franchise

Analisa Sistem Berbisnis Peluang Usaha Franchise

Analisa Sistem Berbisnis Peluang Usaha Franchise

Bisnis waralaba atau usaha franchise adalah salah satu bisnis modern yang bisa Anda coba untuk dijadikan bisnis sampingan. Banyak orang tidak paham bagaimana dan sistem bisnis apa yang cocok untuk diterapkan dalam usaha sampingan, sebenarnya, bisnis sampingan bisa Anda jalankan, bila Anda menginginkan profit tambahan di luar pekerjaan tetap Anda. usaha franchise adalah salah satu cara yang bisa Anda coba.

Ini dia salah satu cara berbisnis modern yang sekarang sedang naik daun dan banyak masyarakat yang menggunakan cara ini dalam meningkatkan omzet dan profit usahanya.

Apakah Anda sadar bahwa usaha franchise  baru booming di Indonesia pada awal-awal tahun 2005 ?. Jika dulu pemain-pemain usaha franchise ini adalah perusahaan-perusahaan besar, atau perusahaan-perusahaan multinasional, sekarang pengusaha-pengusaha nasional bahkan sudah dapat mengaplikasikan usaha franchise ini untuk mengembangkan omzet dan profitnya.

Sistem usaha franchise tidak lah jelek kok, buktinya pada saat saya sedang membuat artikel ini, akan ada satu atau dua pengusaha usaha franchise baru yang mendapatkan profit besar, walaupun ada juga pengusaha franchise yang bernasib sial, hal itu bisa dimaklumi, karena bisnis adalah berjudi, bisnis adalah untung-untungan, tetapi walaupun begitu setidaknya Anda harus memiliki niat untuk berusaha, demi memajukan hidup Anda sejahtera.

Cara Mengembangkan Peluang Usaha Franchise

Jika Anda berniat untuk mengembangkan bisnis  Anda menggunakan sistem usaha franchise, maka Anda perlu melewati beberapa proses tahapan yang sebagai berikut :

  1. Jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis/ usaha franchise, buat bisnis yang simple, mudah diduplikasi, mudah dikelola dan mudah dikembangkan, serta produk dan system manajemennya harus berbeda dan unik dari kebanyakan perusahaan lain, selain itu Anda juga harus sudah mengurus HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) agar produk dan manajemen Anda terproteksi.
  2. Jalankan bisnis Anda secara berlanjut, memang memerlukan waktu dan kesabaran hingga dapat meraih keuntungan. Keuntungan yang didapat harus Anda investasikan kembali dengan membentuk cabang-cabang usaha franchise di berbagai tempat strategis. Perlu Anda ingat, Anda harus mengurus usaha franchise Anda secara profesional, laporan keuangan, pelayanan, komunikasi, dan SDM nya harus dijaga, dan dipertahankan profesionalitas kerjanya. Hal ini dikarenakan, untuk mengundang para investor, dan mitra usaha franchise Anda, agar ke depannya mereka mau melakukan kerja sama dengan Anda.
  3. Kemudian, setelah minimal 5 tahun Anda menjalankan bisnisnya, evaluasi sistem manajemen yang Anda terapkan, usahakan tetapkan sistem manajemen yang sederhana, baku, dan mudah Anda kelola. System manajemen yang rapi adalah salah satu syarat agar usaha franchise Anda dilirik oleh para investor.
  4. Jika menurut Anda perjalanan bisnis Anda telah memasuki masa-masa keemasan dan mendapatkan keuntungan yang berlimpah, lalu untuk menuju ke depannya, Anda perlu membuat prospek penawaran waralaba. Prospek penawaran waralaba adalah semacam proposal peluang bisnis, dengan isi yang lebih lengkap, lalu Anda promosikan prospectus ini melalui acara pameran, seminar, atau Anda promosikan melalui media cetak, elektronik atau internet.
  5. Jika prospek penawaran waralaba Anda berhasil menarik orang untuk bergabung sebagai mitra kerja atau investor bisnis Anda, kemudian minta pendapat, dan seleksi mengenai bisnis plan yang telah Anda rencanakan, Anda dapat menolak ataupun menyetujui mereka untuk bergabung disesuaikan dengan rencana bisnis Anda kedepannya seperti apa. Kemudian jika terjadi kesepakatan dengan mitra bisnis Anda, lakukan penAndatanganan di atas prospek penawaran bisnis.
  6. Setelah semua syarat terpenuhi, segera operasionalkan gerai waralaba Anda. Anda bertindak sebagai pengusaha yang berhak atas principal atas royalti dari HAKI yang diwaralabakan dan wajib memberikan dukungan manajemen selama kontrak berlaku. Sedangkan mitra bisnis Anda bertindak sebagai investor berkewajiban membiayai segala operasional gerai waralaba Anda, dan berhak mendapatkan prosentase keuntungan.

Jadi kesimpulannya, bila Anda menginginkan mengembangkan usaha dengan sistem franchise atau waralaba, maka diperlukan persiapan yang matang, persiapan tersebut memang membutuhkan waktu minimal 5 tahun agar bisnis Anda berkembang dulu, dan mendapatkan sejumlah keuntungan, serta pembangunan manajerial sistem yang Anda terapkan di website Anda menjadi lebih professional, karena hal tersebut adalah syarat agar bisnis Anda dapat dilirik oleh mitra bisnis yang ke depannya akan membangun kerjasama dengan Anda.

Add Comment