Inilah 4 Waktu yang Tepat Untuk Melamar Kerja

4 Waktu yang Tepat Untuk Melamar Kerja

4 Waktu yang Tepat Untuk Melamar Kerja

Banyak hal yang membuat kita sulit mendapatkan pekerjaan, entah itu karena CV, surat lamaran kerja yang kurang benar, kesalahan dalam wawancara dan lainnya.  Apabila Anda merasa CV, surat lamaran sudah benar dan tidak ada kesalahan dalam wawancara namun hingga saat ini masih belum memperoleh pekerjaan, bisa jadi karena waktunya belum tepat.

Baca: Seperti Apa Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar?

Menentukan waktu yang tepat untuk melamar kerja merupakan cara bijak menyiasati supaya surat lamaran yang diajukan mendapatkan respons positif dari pihak perusahaan, sehingga kesempatan bekerja untuk posisi yang diinginkan bisa menjadi kenyataan.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk melamar kerja? berikut ulasannya.

4 Waktu yang Tepat Untuk Melamar Kerja

Awal tahun

Bulan Januari terbilang waktu yang pas untuk mencari pekerjaan baru. Bulan Januari adalah bulan pertama yang mana biasanya pihak perusahaan melakukan pertemuan rutin, mengambil keputusan penting, memulai langkah-langkah baru untuk tumbuh kembang perusahaan dan lainnya sehingga dibutuhkan karyawan demi menunjang tumbuh kembang perusahaan dengan langkah atau ide baru.

Jelang Akhir Tahun

Waktu lain yang tepat untuk mencari pekerjaan baru ialah sekitar September – Oktober. Menjelang akhir tahun pada umumnya banyak pimpinan perusahaan mempersiapkan agenda akhir tahun. Maka dari itu pada bulan tersebut perusahaan akan bergerak cepat untuk mencari dan menentukan kandidat yang tepat.

Pertengahan Tahun

Musim panas atau lebih tepatnya bulan Juni, Juli, dan Agustus adalah waktu yang kurang tepat untuk mencari pekerjaan. Sebab, pada bulan-bulan tersebut biasanya banyak pimpinan perusahaan mengambil cuti untuk liburan sekolah anaknya ataupun karena hal lainnya. Apabila melamar kerja pada bulan-bulan tersebut maka jangan heran jika keputusan lama ditentukan.

Akan tetapi, bagi seorang yang baru lulus pendidikan, pada bulan-bulan ini adalah waktu yang sangat tepat. Namun hanya untuk magang atau bekerja Part Time. Pada umumnya untuk posisi dengan level awal tidak begitu memerlukan persetujuan pihak atasan.

Hari yang Tepat

Situs Yesware menganalisa, sebanyak 500 email yang masuk di hari Sabtu dan Minggu besarnya kemungkinan untuk dibalas ialah 45,8%. Sementara itu, yang masuk di hari kerja sebesar 39,1%. Itu artinya, jika mengirim lamaran ketika perekrut sedang tidak sibuk bekerja, kemungkinan untuk mendapatkan respons lebih tinggi.

Namun sangat tidak baik rasanya apabila mengirimkan lamaran di akhir pekan, solusinya kirimlah pada pukul 06:00 – 09:00, kemungkinan dibalas sangat tinggi, sebab perekrut belum begitu sibuk.

Add Comment